Hunian di Kawasan Industri Cibitung, Cikarang, atau Karawang?



Indonesia memiliki kawasan 3 kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Ketiga kawasan tersebut adalah Cibitung, Cikarang dan Karawang. Posisi ketiganya saling berdekatan. Ketiga kawasan tersebut juga dianggap memajukan perekonomian tidak hanya di daerahnya, namun juga berdampak pada seluruh Indonesia.

Kawasan industri seringkali menjadi incaran para pemburu properti dari dalam dan luar daerahnya. Selain memiliki peluang bisnis yang menjanjikan, kawasan industri dianggap sebagai kawasan mandiri yang modern di waktu yang akan datang. Seakan menjadi tren baru, banyak orang berbondong-bondong 

Dampak Kesehatan

Lupakan dampak lingkungan terhadap kesehatan. Kawasan industri memiliki aturan yang sangat ketat dalam persoalan lingkungan. Mulai dari pengelolaan limbah dan dampak polusi, setiap perusahaan industri wajib mematuhi aturan dan setiap saat berada dalam pengawasan pemerintah maupun lembaga lingkungan hidup.

Maka tak heran jika banyak orang percaya memiliki hunian yang lokasinya berdekatan dengan kawasan industri tidak selalu memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Pasalnya, selain dijamin oleh pengelola kawasan industri maupun perusahaan-perusahaan manufaktur di dalamnya, Pemerintah juga terus memastikan kawasan industri tidak memiliki dampak buruk terhadap lingkungan maupun kesehatan.


Cibitung

Cibitung memiliki kawasan industri modern. Cibitung memiliki keunggulan dari posisinya yang lebih dekat dengan Jakarta. Cibitung juga berada di tengah antara kota Bekasi, juga berdekatan dengan kawasan industri lainnya, Cikarang. Cibitung juga memiliki fasilitas umum yang terbilang lengkap dengan jarak yang cukup berdekatan.

Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Jawa Barat


Banyaknya keunggulan yang dimiliki, daerah Cibitung seringkali menjadi incaran para pemburu properti. Meskipun sayangnya, Cibitung hanya memiliki sedikit lahan dan properti yang tersedia.

Tidak hanya itu, Cibitung memiliki lingkungan padat penduduk dengan akses yang itu-itu saja. Sedangkan kebutuhan terhadap jalan tidak seimbang dengan laju pertumbuhan penduduknya.

Kebanyakan para pengembang properti juga hanya menumpang pada infrastruktur yang telah tersedia sebelumnya, sehingga para pemburu properti itu harus dengan cermat memilih lokasi maupun pengembang propertinya.

Harga Jual Hunian di Cibitung

Cibitung memiliki banyak daerah padat penduduk, serta dikelilingi banyak fasilitas umum yang cukup lengkap dan berdekatan. Harga hunian di Cibitung cukup beragam, meskipun rata-rata pengembang properti menawarkan harga menengah ke atas di tengah pasar yang didominasi masyarakat menengah ke bawah.

Terbilang mahal jika harga yang ditawarkan tidak didukung dengan infrastruktur yang berkembang demi memudahkan mobilitas penghuninya. Meskipun Cibitung memiliki banyak fasilitas umum yang berdekatan, namun akan sangat menyusahkan jika kondisi kemacetan lalu lintas menjadi penghambat segala aktifitas warga Cibitung.


Cikarang

Cikarang berada di tengah dua kawasan industri Cibitung dan Karawang. Cikarang sendiri merupakan kawasan industri modern dan bergerak menuju "kota mandiri" tanpa bayang-bayang Jakarta.

Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat


Cikarang juga memiliki banyak hunian yang tersebar di segala penjuru. Meskipun sayangnya, hunian murah hanya dapat dijumpai di daerah dengan akses yang minim dan jauh dari pusat kota.

Cikarang menjadi salah satu surga bagi para investor properti. Infrastrukturnya juga tengah berkembang pesat, meskipun pada kenyataannya hanya di beberapa wilayah yang terbilang strategis saja. Selebihnya Cikarang mengandalkan para pengembang properti dalam pembangunan infrastruktur.

Tidak semua pengembang properti di Cikarang bisa mendapatkan tempat yang strategis. Kebanyakan mereka harus bersusah payah membangun infrastruktur agar menarik minat para pemburu properti. Bahkan tidak sedikit pula para pengembang yang memulainya dari nol.

Harga Jual Hunian di Cikarang

Cikarang dikenal sebagai wilayah yang memiliki banyak hunian baru dengan kawasan industri yang modern. Hunian murah banyak ditemukan di Cikarang, sehingga menjadikan Cikarang sebagai surganya pemburu properti murah.

Meskipun demikian, harga hunian yang murah tidak sejalan dengan pembangunan infrastrukturnya. Hunian murah di Cikarang saat ini seluruhnya masih berada di lokasi yang jauh, bahkan dari pusat kota Cikarang sendiri. Jika ingin menuju pusat kota, jalur akses yang minim seringkali menjadi pusat kemacetan.

Tidak seperti di Cibitung yang telah memiliki banyak fasilitas umum yang maju, hunian murah di Cikarang masih jauh dari predikat wilayah berkembang. Pasalnya, banyak pengembang properti tidak membuat infrastruktur fasilitas umum yang memudahkan pemilik hunian, sehingga banyak pemilik hunian baru lebih memilih untuk tidak menempati hunian yang sudah dibelinya.

Di lain lokasi, Cikarang juga memiliki banyak hunian modern yang berada di pusat kota Cikarang. Sayangnya, jumlahnya tidak lagi sebanyak beberapa tahun lalu, dan harga jual yang ditawarkan hampir setara dengan properti yang berada di Jakarta. 


Karawang

Karawang nantinya akan memiliki Bandara sendiri. Para pengguna layanan transportasi udara memiliki pilihan lain dalam bepergian menggunakan pesawat. Namun sayangnya, hingga tengah tahun 2017 belum ada informasi yang dapat memastikan kapan bandara tersebut dibangun.

Seperti Cikarang, Karawang sendiri sedang bergerak menuju kawasan industri terpadu dengan kota modern yang mandiri. Wilayahnya yang sangat luas sering menjadi sasaran investor. Sayangnya, sama seperti Cikarang. Hunian murah hanya dapat ditemukan di wilayah tertentu yang masih jauh dari pusat kotanya.

Kawasan Industri Karawang


Karawang memiliki banyak lahan baru untuk dikembangkan, sehingga menjadikan Karawang sebagai surga bagi para investor terutama yang bergerak di bidang properti. Sayangnya, kebanyakan dari investor properti hanya menjadikan Karawang sebagai ajang memonopoli lahan.

Setelah membeli atau membangun properti, kebanyakan investor meninggalkannya tanpa melakukan pengelolaan. Mereka hanya menunggu tawaran tertinggi dari investor lain terhadap properti yang telah mereka kuasai. Sehingga banyak bangunan-bangunan terbengkalai yang kebanyakan sudah ditinggal pengembang propertinya sendiri.

Hal tersebut menjadikan Karawang sangat lambat dalam pertumbuhan ekonomi dibandingkan Cibitung maupung Cikarang. Ketimpangan pembangunan masih terlihat jelas, terutama ketika pembangunan hanya berada pada lokasi yang berdekatan dengan ruas tol.

Harga jual Hunian Karawang

Karawang memiliki banyak pilihan properti dengan pilihan harga jual yang beragam. Namun rata-rata, harga jual properti di Karawang tidak sebanding dengan pemerataan pembangunan di Karawang. Pasalnya, banyak pengembang properti hanya menumpang pada infrastruktur yang sudah ada. Padahal, Karawang masih memiliki lahan yang luas untuk dikembangkan.

Gencarnya promosi hunian di Karawang seringkali bertajuk "investasi yang menguntungkan". Para pemburu properti dari luar Karawang berdatangan dan memborong banyak properti di Karawang seringkali hanya untuk berinvestasi dengan harapan menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Sehingga banyak properti terbengkalai dengan papan bertuliskan "Dijual" atau "Disewakan".

Hal ini menjadikan kawasan hunian baru di Karawang lebih terlihat seperti "kota hantu". Padahal, harga jual properti baru di Karawang sendiri sudah terbilang cukup tinggi. Hal ini karena banyak para pengembang properti di Karawang merasa "siap" dari dari segi infrastruktur, sehingga berani memberikan harga jual yang setara dengan wilayah lain yang sudah jauh lebih dulu berkembang.

Akan sangat sulit jika para pemburu properti dari luar Karawang yang murni ingin berbisnis atau benar-benar ingin memiliki tempat tinggal di Karawang. Meskipun banyak pemburu properti terus berdatangan, promosi para pengembang properti di Karawang seringkali jauh dari harapan pemburu properti.


Hunian di Kawasan Industri Cibitung, Cikarang, atau Karawang?

Cibitung masih menjadi primadona dibandingkan Cikarang dan Karawang. Tidak hanya lokasinya yang strategis, infrastruktur juga telah banyak tersedia di segala penjuru. Sedangkan Cikarang maupun Karawang masih terbilang jauh dari harapan para pemburu properti.

Meskipun demikian, Cibitung tidak memiliki banyak pilihan hunian baru seperti halnya Cikarang dan Karawang. Namun jika terdapat kawasan hunian baru di Cibitung, terlebih jika kawasan tersebut memiliki banyak fasilitas umum yang lengkap, maka tidak menutup kemungkinan properti di kawasan tersebut akan terjual dalam waktu yang sangat singkat.


***

Sony Swangga

Praktisi Humas dan Pemasaran Digital

vasanta.co.id
Share on Google Plus

About Sony Swangga

0 komentar:

Posting Komentar