Warga Jatim hingga Aceh Berburu Buah Pohon Kurma di Kota Bekasi

Ilustrasi Kurma


Pohon kurma yang berada di kompleks Masjid Agung Al-Barkah di Jalan Veteran Kota Bekasi, Jawa Barat, selalu berbuah setiap bulan Ramadhan pada beberapa tahun terakhir. Kurma biasanya memang berbuah pada musim panas atau kemarau dan pada tahun-tahun terakhir Ramadhan jatuh pada musim itu.

“Ya memang setiap bulan Ramadhan pohon kurma di sini selalu berbuah, tapi panennya setelah bulan Ramadhan,” kata Dewan Kemakmuran Masjid Al-Barkah, Abdul Hadie, kepada Kompas.com di Masjid Agung Al-Barkah, Jumat (9/7/2017).

Dia mengatakan, sebelum buah-buah kurma itu tua, banyak orang dari luar Kota Bekasi memintanya. Beberapa datang dari Jawa Timur, Medan, Aceh. Mereka, kata Abdul, meminta kurma muda untuk kesuburan kehamilan.

“Buah kurma yang diminta kebanyakan adalah kurma muda,” kata Abdul.

Dia menjelaskan, ketika banyak orang meminta buah kurma muda, pengurus masjid akan memberikan. Akibatnya buah kurma sudah habis sebelum benar-benar tua.

Ada 12 pohon kurma di masjid itu. Pohon-pohon itu sudah ada sejak tahun 2005. Abdul mengatakan, pohon kurma jenisnya ada yang jantan dan ada yang betina. Hal itu baru akan diketahui saat pohon itu berbunga dan berbuah.

Dari dua 12 pohon yang ada, tiga pohon telah diketahui kurma jantan dan empat betina. Sisanya belum diketahui jenisnya.

***



Praktisi Humas dan Pemasaran Digital

Share on Google Plus

About Sony Swangga

0 komentar:

Posting Komentar